Pengabdian Kepada Masyarakat – Pendalaman Buku Ajar Elektrik dan Elektronik Pesawat Udara

Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema ‘Pendalaman Buku Ajar Elektrik dan Elektronik Pesawat Udara’. Kegiatan yang digelar secara daring/online dan off-line ini dilaksanakan dari mulai tanggal 13 November s.d 25 November 2020.

Pelaksanaan hari pertama kegiatan PKM dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan dimulai pukul 09.00 dengan acara pembukaan. Pembukaan dilakukan oleh Pelaksana Harian Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PPI Curug, Dr. Sri Rahayu Surtiningtyas. Pembukaan dihadiri oleh peserta dan Kepala Sekolah dari SMK Kartika Aqasa Bakti Semarang, SMK Bina Dirgantara Surakarta, dan SMK AAG Adri Sucipto Jogjakarta. Dalam pesannya Kapus PPM PPI Curug menyampaikan penghargaan kepada dosen-dosen PPI Curug yang telah melaksanakan PKM bekerjasama dengan 3 SMK Penerbangan di Semarang, Solo dan Jogjakarta. Pesan lain yang disampaikan adalah ucapan terima kasih kepada kepala sekolah dari 3 SMK Penerbangan mitra pelaksanaan PKM dosen PPI Curug yang telah mebantu terlaksananya kegiatan tridharma perguruan tinggi dosen-dosen PPI Curug. PPI Curug berharap PKM seperti ini dapat dilanjutkan untuk menjalin ikatan kerjasama antara PPI Curug sebagai pendidikan tinggi vokasi dan SMK Penerbangan sebagai pendidikan menengah vokasi.


Kepala sekolah SMK Kartika Aqasa Bakti Semarang, Ibu Anik Aniqoh, Kepala Sekolah SMK Bina Dirgantara Surakarta Bapak Slameto, S.Pd., M.Pd., dan Wakil Kepala Sekolah SMK AAG Adi Sucipto, masing-masing menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPI Curug sejak tahun 2018 telah melakukan pembinaan baik kepada guru maupun siswa SMK Penerbangan baik melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat maupun pengabdian kepada masyarakat. Mereka berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran dan output dari SMK Penerbangan.
Kegiatan setelah pembukaan adalah penyampaian dasar dan tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Pendalaman Materi Ajar Elektrikal dan Elektronik Pesawat Udara Bagi Guru SMK Penerbangan di SMK Bina Dirgantara Surakarta oleh Bapak Riyanto Saputro. Riyanto menyampaikan bahwa tujuan dari PKM ini untuk mengurangi gap/perbedaan antara materi ajar yang disampaikan oleh guru SMK Penerbangan dengan AC147-02 tentang Basic Certificate Curriculum and Syllabus Development, yang menjadi acuan penyusunan kurikulum Program Diploma IV Teknik Pesawat Udara di PPI Curug. Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian landasan filosofis materi Elektrikal Pesawat Udara yang ditetapkan di dalam AC-147-02 oleh Bapak Amal Fatkhulloh serta dilanjutkan oleh Bapak Sihono yang menyampaikan prinsipprinsip dasar Elektronika Pesawat Udara. Materi yang disampaikan sebagai bahan diskusi pada webinar hari pertama adalah:
Materi 1: Dasar pendalaman buku ajar
Materi 2: Filosofis perawatan pesawat udara di bidang avionik
Materi 3: Elektrikal pesawat udara
Materi 4: Elektronika pesawat udara
Materi 5: Sensor dan kontrol pesawat udara
Pada akhir pertemuan, Tim memberikan Quiz, bagi yang bisa menjawab tepat akan dibawakan souvenir dari PPI Curug yang akan diserahkan pada saat pertemuan off-line di SMK Bina Dirgantara Surakarta pada tanggal 18 โ€“ 20 November 2020.

Selanjutnya kegiaan PKM ini dilaksanakan secara off-line dimana PPI Curug mengirimkan tiga (3) dosen yaitu, 1. Bapak Sihono, S.Pd., S.Si.T., M.M, 2. Bapak Amal Fatkhullah, S.Si.T, dan 3. Bapak Riyanto Saputro, S.T., M.Pd. Perjalanan ini menempuh jalur darat pada tanggal 17 November 2020 yang sehari sebelumnya para dosen dimaksud melaksanakan Rapid Test di Unit Kesehatan PPI Curug untuk memenuhi protokol kesehatan dan memastikan Tim PKM PPI Curug yang diberangkatkan dalam keadaaan sehat dan terbebas dari covid-19.

Hari Pertama Off-Line PKM di SMK Bina Dirgantara Surakarta, Tim PKM PPI Curug bersama Sekjen Forum Komunikasi SMK Penerbangan Indonesia diterima oleh Kepala Sekolah SMK Bina Dirgantara dan staff di Ruang Kepala Sekolah. Kegiatan PKM Off-Line dibuka dengan dimulai kata sambutan dari Kepala Sekolah SMK Bina Dirgantara Surakarta. Hadir pula pada acara tersebut Kepala Sekolah SMK Kartika Aqasa Bakti Semarang yang turut memberikan kata sambutan. Selanjutnya kegiatan PKM Pendalaman Materi Elektrikal dan Elektronika Pesawat Udara dimulai. Sesi 1 pagi hari dimulai dengan materi 6, elektrikal pesawat udara oleh Bapak Amal Fatkhulloh.

Hari Kedua Off-Line PKM di SMK Bina Dirgantara Surakarta, materi ke-7 dimulai oleh penyampaian peralatan navigasi darat di Bandar Udara yang berkomunikasi dengan peralatan navigasi penerbangan di pesawat udara. Materi disampaikan oleh Bapak Riyanto Saputro. Materi diakhiri dengan sesi tanya jawab, untuk kemudian dilanjutkan dengan materi elektronika pesawat udara yang berfokus pada peralatan komunikasi dan navigasi di pesawat udara. Materi disampaikan oleh Bapak Sihono. Di akhir penyampaian materi disampaikan bahwa pada hari ke-3 offline,setiap SMK mempresentasikan materi ajar mereka setelah melalui proses pembandingan dengan AC-147-02 yang telah disampaikan oleh Tim PKM.

Hari Ketiga Off-Line PKM di SMK Bina Dirgantara Surakarta, materi ke-8 dimulai oleh penyampaian elektronika pesawat udara. Materi disampaikan oleh Sihono. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi perwakilan dari masing-masing SMK Penerbangan Semarang, Solo dan Jogjakarta. Pada sesi siang dilakukan assessmen atas presentasi dari ketiga perwakilan SMK Penerbangan, untuk diberi masukan atas kekurangan yang masih terlihat. Dari tiga perwakilan yang menyampaikan materi, wakil dari SMK Kartika Aqasa Bakti Semarang sudah mulai melihat gap yang ada antara AC-147-02 dengan silabus dari kurikulum SMK Penerbangan pada Mata Pelajaran Menggambar.ย Sesi hari ketiga ini ditutup dengan acara sambutan oleh Kepala Sekolah SMK Penerbangan Bina Dirgantara Surakarta dan penyampaian cindera mata dari PPI Curug ke SMK Bina Dirgantara sebagai tuan rumah dan sebaliknya.

Pada tanggal 25 November 2020 dilaksanakan Webinar kedua, ini merupakan kelanjutan dari pertemuan off-line di SMK Bina Dirgantara Surakarta. Setiap sekolah diminta mempresentasikan 2 materi yaitu Elektrikal dan Elektronika Pesawat Udara berdasarkan hasil assessmen yang dilakukan selama tiga hari di Surakarta.

Link Video klik –> disini

Salam Cewama Eka Tayai

02 Comment

  1. 12 Januari 2021

    Lina Rosmayanti

    Wujud nyata kebermanfaatan buku ajar karya dosen PPI Curug khususnya bidang Teknik Pesawat Udara bagi SMK, terus maju dan sukses Tim PKM Prodi TPU ๐Ÿ‘๐Ÿป

    • 12 Januari 2021

      adminppi

      halo ibu lina, semoga ke depannya semakin banyak karya” dosen PPI Curug tidak hanya dari prodi TPU melainkan semua prodi yg ada di PPI Curug yang dapat bermanfaat utk semuanya..

Leave A Comment