Pengabdian Kepada Masyarakat – Instalasi Perpipaan Air Bersih di Masjid Al-Ikhwan Desa Rancagong, Legok, Tangerang

Air merupakan sumber utama dalam kehidupan, namun penyediaan oleh PDAM belum menjangkau  ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga penyediaan air bersih dilakukan secara mandiri oleh masyarakat dengan menggunakan air tanah untuk keperluan rumah tangga, tempat ibadah, sarana umum, kantor swasta, kantor pemerintah dan lainnya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh tim PKM prodi Teknik Mekanikal Bandar Udara- PPI Curug terhadap bangunan Masjid Al-Ikhwan  di Jl. Masjid RT 01 RW 08 Desa Rancagong, Kec. Legok , Kab. Tangerang belum memiliki fasilitas sistem instalasi air bersih sehingga layak untuk dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat di lokasi tersebut.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini digelar selama 5 hari, mulai tanggal 3 Desember 2020 sampai dengan  08 Desember 2020 dengan dibuka secara langsung oleh Wadir 3 Bidang Ketarunaan, Bapak RB. Budhi Kartika, SSiT,SPd, MT dan dihadiri seluruh anggota tim PKM, taruna dan taruni prodi TMB, pengurus masjid dan masyarakat sekitar masjid serta  disaksikan oleh tim pegawai dari Pusat Penelitian dan Pengabdidan Masyarakat  (Pus PPM) PPI Curug.

Dalam kegiatan PKM ini dilakukan beberapa hal yang akan menjadi solusi penyediaan fasilitas air bersih yang memenuhi standar, yaitu: melakukan pengeboran / penggalian sumur yang akan menjadi sumber air bersih,  melakukan perhitungan kebutuhan air bersih yang menjadi dasar untuk menentukan kapasitas dan jenis pompa dan tempat penampungan air (dilengkapi dengan sensor pelampung sebagai media kontrol on/off pompa),  melakukan instalasi perpipaan air bersih yang akan berfungsi sebagai proses distribusi air bersih dari titik sumber air sampai kepada tempat bangunan air wudhu masjid.

Pada tahapan akhir kegiatan ini, dibangun tempat air wudhu yang ditempatkan di depan masjid, sehingga masyarakat dapat menggunakan fasilitas tersebut secara nyaman dan terjamin kebersihannya.

Pelaksanaan keselurahan kegiatan ini melibatkan dosen/instruktur sebagai wujud tridharma perguruan tinggi dan juga melibatkan taruna/taruni sebagai media pembelajaran secara langsung di lapangan dan masyarakat yang dapat menambah pengetahuan tentang standar dari fasilitas bangunan. Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh masyarakat sekitar masjid, yang saling bahu membahu bekerja sama dengan Sivitas Akademika PPI Curug. Hal yang terpenting juga bahwa kegiatan PKM ini dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat sekitar kampus PPI Curug, khususnya jamaah masjid Al-Ikhwan, Desa Rancagong, Kec. Legok, Kab. Tangerang.

Salam Cewama Eka Tayai

Leave A Comment