Pengabdian Kepada Masyarkat – Pembangunan Fasilitas Umum di Pondok Pesantren Latansa Murodak

Kenyamanan Fasilitas bangunan adalah merupakan hal pokok untuk menunDI PONDOK PESANTREN LATANSA MURODAKjang pelaksanaan kegiatan sesuai dengan fungsi dari bangunan yang ada, Adapun hal-hal penunjang dari kenyamanan Gedung adalah konstruksi bangunan, instalasi listrik penerangan dan ketersediaan air bersih. Masih terdapat bangunan yang berada disekitar kampus Politkenik Penerbangan Indonesia  Curug yang Fasilitas Gedung yang belum memenuhi standar kenyaman, dimana kami berasumsi bahwa bangunan tersebut dapat menyebabkan efektifitas kegiatan tidak maksimal, bangunan tersebut adalah salah satu Pesantren Latansa Murodak yang berdomisili di Desa Rancagong, Kec. Legok, Kab. Tangerang dengan jumlah santri kurang lebih 20 orang, dan terdapat beberapa santri yang juga tinggal/menginap di bangunan tersebut.

Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang berlokasi di kecamatan Legok, kabupaten Tangerang dapat berperan serta dalam kegiatan Pemberdayaan kepada Masyarakat. Melalui kegiatan Pemberdayaan kepada Masyarakat sebagai salah satu tridharma perguruan tinggi maka PPI dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Lebih khusus lagi manfaat yang diberikan dapat mengatasi masalah yang ada di masyarakat, khususnya masalah yang ada di pondok pesantren Latansa Murodak yang berada di Desa Rancagong. Sehingga perlu adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan “Perbaikan instalasi dan penerangan bangunan, penyedian air bersih, perbaikan pembuangan limbah air dan perbaikan ruang kamar mandi di Pondok Pesantren Latansa Murodak Kp. Rancagong Baru RT 02/09 Desa Rancagong Kecamaatn Legok Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.”

Mendasari hasil survey dan koordinasi yang kami lakukan dengan mitra, didapat beberapa fasilitas yang perlu dan sangat diharapkan oleh mitra untuk bisa dilakukan perbaikan, yaitu: Perbaikan sistem instalasi listrik dan penerangan bangunan, Perbaikan instalasi penyediaan air bersih dan fasilitas tempat wudhu, Perbaikan pembuangan limbah air, Perbaikan ruang kamar mandi (kegiatan ini digantikan dengan perbaikan ruang dapur).

Pelaksanaan PKM dimulai pada hari Selasa dan Rabu tanggal 1 s.d 2 Desember 2020, dengan melibatkan semua tim PKM, Penanggung jawab pondok pesantren, 2 (dua) orang pekerja sipil, 1 (satu) orang pekerja penyediaan air bersih dan seluruh santri pondok pesantren. Kegiatan PKM ini ditutup pada hari kamis tanggal 3 Desember 2020, dengan harapan dapat sedikit membantu terhadap warga sekitar PPI Curug. Dan kegiatan seperti agar dapat terus berlanjut untuk waktu kedepan.

Salam Cewama Eka Tayai

Leave A Comment